IMPLEMENTASI MODEL JINGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TEKNIK DASAR PADA PELAJARAN PENJAS ORKES

Ketut Pastika

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang ditujukan untuk membenahi kelemahan-kelemahan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini mengambil subyek pada siswa kelas IV SDN 3 Anturan pada semester I tahun pelajaran 2013/2014. Data hasil penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes, dan untuk menganalisis data yang dihasilkan dipergunakan analiis deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan penelitian ini terlihat jelas adanya peningkatan dari data awal yang ada rata-rata kelasnya baru mencapai 71,85 pada siklus I meningkat menjadi 73,3 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,4. Keberhasilan tersebut menunjukan bahwa penerapan model Jingsaw sebagai uaya meningkatkan prestasi belajar teknik dasar pada pelajaran penjaskes siswa kelas IV semester I tahun pelajaran 2013/2014 SDN 3 Anturan dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar sehingga penelitian ini tidak diteruskan ke siklus berikutnya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.