PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES

Gede Sugiarta

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelas V di SD Negeri 3 Tukadmungga pada semester II tahun pelajaran 2015 adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 21 siswa sebagai subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapantahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanay peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 71,47 meningkat menjadi 73,3 pada siklus I dan meningkat menjadi 75,80 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 28,57% pada siklus I meningkat menjadi 61,90% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,71%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan model Inquiri dalam pelaksanaan proses pembelajaran para mampu meningkatkan prestasi belajar sesuai.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.