LOKAKARYA YANG DITINDAKLANJUTI DENGAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK KUNJUNGAN KELAS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN MENGIKUTI ALUR EXPLORASI, ELABORASI DAN KONFIRMASI

Suradi Suradi

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK MHS Kota Batam, SMK Negeri 6 dan SMK Negeri 1 Kota Batam Provinsi Kepulauan Raiu. Tujuan penulisan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui apakah Lokakarya yang ditindak lanjuti dengan supervisi akademik dengan teknik kunjungan kelas dapat meningkatkan kemampuan guru SMK MHS Kota Batam, SMK Negeri 6 dan SMK Negeri 1 Kota Batam dalam melaksanakan proses pembelajaran mengikuti alur eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Metode pengumpulan datanya adalah observasi. Metode analisis datanya adalah deskriptif untuk data kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa Lokakarya yang ditindak lanjuti dengan supervisi akademik dengan teknik kunjungan kelas dapat meningkatkan kemampuan guruguru dalam melaksanakan proses pembelajaran mengikuti alur eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya rata-rata nilainya baru mencapai 69,29 atau berada pada kategori C, pada siklus I nilai menjadi 87,49 dengan 5 orang guru yang tuntas mencapai nilai A (91 – 100) atau baru 24,41% sedangkan pada Siklus II naik rata-ratanya menjadi 94,63, dengan 15 orang guru tuntas mencapai nilai A (91-100) dengan ketuntasan mencapai 88,23% I. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah lokakarya yang ditindaklanjuti dengan supervisi akademik dengan teknik kunjungan kelas dapat meningkatkan kemampuan guruguru dalam melaksanakan proses pembelajaran mengikuti alur eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.