USAHA MAKSIMAL MELAKUKAN PERBAIKAN PRESTASI BELAJAR PPKn MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SD NEGERI 2 NEGARI

Ni Wayan Srinati

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 2 Negari yang tujuannya adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PPKn melalui penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas V semester II tahun pelajaran 2016/2017. Proses pembelajaran yang telah dilakukan dengan cara konvensional ternyata menghasilkan kemampuan penyerapan ilmu yang rendah. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata baru mencapai 69,69 dengan ketuntasan belajar 46,15%. Ketidakberhasilan guru dalam mengajar merupakan faktor yang harus diubah sehingga peneliti mencoba melakukan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Setiap kali selesai melakukan proses pembelajaran, data dikumpulkan dengan tes, lalu dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan prestasi belajar dari data sebelum pelaksanaan siklus. Pada siklus I nilai ratarata kelas sudah mencapai 72,00 dengan ketuntasan belajar 69,23% dan pada siklus II telah diperoleh kenaikan menjadi rata-rata 76,69 dengan ketuntasan belajar 100,00%. Simpulan akhir yang dapat disampaikan adalah bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) mampu meningkakant prestasi belajar PPKn.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.