DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN PENDEKATAN KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SEKOLAH BINAAN DALAM MELAKUKAN PENILAIAN PROSES DAN PENILAIAN HASIL BELAJAR
Abstract
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mengetahui terjadinya peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian proses dan penilaian hasil belajr setelah diterapkan diskusi kelompok kecil dengan pendekatan klinis. Penelitian ini dilakukan di beberapa sekolah binaan yaitu: SD Negeri 16 Kesiman, SD Negeri 17 Kesiman, SD Negeri 3 Kesiman, SD Negeri 7 Kesiman, SD Negeri 10 Kesiman, SD Negeri 12 Kesiman, SD Negeri 6 Sumerta dan SD Negeri 9 Sumerta. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan metode analisis datanya adalah analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya kenaikan nilai rata-rata dari data awal 73,87 (dengan kategori nilai C rentang nilai 55 - 74) naik menjadi 88,93 dengan kualifikasi nilai B rentang nilai 75 – 89 di siklus I dan naik menjadi 93,87 dengan nilai kualitatif A (rentang nilai 90100) di siklus II. Simpulan yang diperoleh adalah diskusi kelompok kecil dengan penerapan pendekatan klinis berhasil meningkatkan kemampuan guru melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.