IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA

Ketut Darmada

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Kimia siswa kelas XI/IPA-1 di SMA Negeri 1 Sukasada, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2016/2017 dengan implementasi Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI/IPA-1 SMA Negeri 1 Sukasada, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 16 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes esai. Data hasil belajar siswa yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pembelajaran Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)dapat meningkatkan hasil belajar Kimia siswa kelas XI/IPA-1 di SMA Negeri 1 Sukasada, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Hasil belajar Kimia siswa mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I yaitu 61% dengan kategori sangat rendah meningkat menjadi 63,25% dengan kategori rendah. Kemudian dari siklus I ke siklus II meningkat dari 63,25% dengan kategori rendah meningkat menjadi 82,75% dengan kategori tinggi. Dengan demikian, hasil belajar mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebanyak 2,25% dan dari siklus I ke siklus II sebanyak 19,50%. Dengan demikian penelitian ini dikatakan berhasil karena telah melampuai KKM yaitu 68 dan target yang ditetapkan peneliti rentangan 65-79% dengan kategori cukup.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.