IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X 1 SEMESTER II DI SMA N 1 SUKASADA

Ida Ayu Dharma Diantari Putra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X 1 SMA N 1 Sukasada melalui penerapan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 1 SMA N 1 Sukasada dengan jumlah siswa 13 orang yang terdiri atas 9 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang digunakan untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn, dan selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Dari analisis data penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X 1 SMA N 1 Sukasada. Pada refleksi awal rata-rata kelas mencapai 64.32, daya serap 64,32% dan ketuntasan klasikal 40,90%. Pada akhir siklus I, rata-rata kelas mencapai 69,62 daya serap 69,62% dan ketuntasan belajar klasikal 86,36%. Pada siklus II, rata-rata kelas meningkat sebesar 5,76 menjadi 75,38, daya serap meningkat sebesar 5,76% menjadi 75,38% dan ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 90,90%. Kriteria penggolongan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari terolong baik (siklus I) menjadi sangat baik (siklus II).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.