PENGGUNAAN METODE KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA PADA SISWA SMP NEGERI 2 TEJAKULA

Nyoman Arsani

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Tejakula pada siswa Kelas IX D dengan kondisi hasil belajar prakarya siswa rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar prakarya pada siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah tes observasi hasil belajar siswa. Metode analisis datanya adalah metode deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan metode kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terbukti adanya perkembangan hasil belajar prakarya pada siswa yang awalnya rata-rata kelasnya 68,1, dengan ketuntasan 37,04, selanjutnya setelah pelaksanaan pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat rataratanya menjadi 74,44 dengan ketuntasan klasikal 62,96%. Dari Siklus I ke Siklus II juga terjadi peningkatan hasil belajar prakarya siswa dengan rata-rata menjadi 77,03 dan ketuntasan klasikal 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan metode kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar prakarya pada siswa kelas IX D semester ganjil SMP N 2 Tejakula tahun pelajaran 2019/2020.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.