STRATEGI MIND MAPPING/PETA PIKIRAN DIGIATKAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIIA PADA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SMP NEGERI 2 TEMBUKU
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMP Negeri 2 Tembuku yang tujuannya adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran yang telah dilakukan dengan cara konvensional ternyata menghasilkan kemampuan penyerapan ilmu yang rendah. hal ini terbukti dari nilai ketuntasan belajar siswa kelas VIIA pada semester II tahun ajaran 2018/2019 baru mencapai 61,55. Ketidakberhasilan guru dalam mengajar merupakan faktor yang harus dirubah sehingga peneliti mencoba melakukan proses pembelajaran menggunakan strategiMind Mapping/Peta Pikiran. Setiap kali selesai melakukan proses pembelajaran, data dikumpulkan dengan instrument obsevasimenulis, lalu dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan prestasi belajar dari data sebelum pelaksanaan siklus. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sudah mencapai 69,83 dengan ketuntasan belajar 75,86% dan pada siklus II telah diperoleh kenaikan menjadi rata-rata 80,52 dengan ketuntasan belajar 93,10%. kesimpulan akhir yang dapat disampaikan adalah bahwa penerapan strategiMind Mapping/Peta Pikiran Mampu meningkakant prestasi belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.