UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB DAN PRESENTASI SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ni Nyoman Suriati

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode tanyajawab dan presentasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIE pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 3 Singaraja. Penelitian yang dilakukan sesuai tujuan di atas menggunakan tes prestasi belajar sebagai alat pengumpul datanya dan menggunakan analisis deskriptif sebagai alat untuk menganalisis data hasil penelitian. Setelah dilakukan analisis diperoleh peningkatan hasil dari data awal yang rata-ratanya 73,19 dengan ketentuan belajar 44,4% meningkat pada siklus I menjadi 78,39 rata-ratanya dengan ketuntasan belajar 63,89% dan pada siklus II meningkat lagi rata-rata kelasnya menjadi 83,19 dengan ketuntasan belajar 91,67%. Hasil tersebut telah membuktikan keberhasilan penelitian yang dilakukan sehingga dapat disimpulkan bahwa metode tanya jawab dan presentasi mampu meningkatkan prestasi belajar siwa. Hasil itu telah membuktikan bahwa hipotesis yang disampaikan dapat diterima.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.