MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN/ INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IXG SMP NEGERI 1 SUSUT SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi model pembelajaran penemuan/Inkuri dalam meningkatkan prestasi belajar IPA siswa Kelas IXG semester I di SMP Negeri 1 Susut tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IXG semester I SMP Negeri 1 Susut Kabupaten Bangli tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 30 orang. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data hasil belajar siswa yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan/Inkuri dapat meningkatkan prestasibelajar IPA siswa Kelas IXG semester I di SMP Negeri 1 Susut Kabupaten Bangli.Hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebanyak 6,47poin, dari prasiklus ke siklus II sebanyak19,27poin, dan dari siklus I kesilus II meningkat sebanyak 12,80poin. Hasil analisis data tersebut menunjukkan penerapan model pembelajaran penemuan/inkuri dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa Kelas IXG di SMP Negeri 1 Susut. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan/Inkuri dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.