PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SEMESTER I SD NEGERI 2 GETAKAN
Abstract
Rendahnya prestasi belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 2 Getakan membuat peneliti ingin berbuat lebih. Dengan mengetahui kelemahan-kelemahan selama proses pembelajaran yang telah dilaksanakan akhirnya dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti mengganti model yang telah dilakukan bertahun-tahun dengan model baru yang bersifat interaktif, inspiratif, efektif, menantang dan menyenangkan.Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Inkuiri mampu meningkatkan prestasi belajar siswa setelah dicobakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Keyakinan yang muncul dari awal adalah bahwa penggunaan model tradisional yang digunakan guru mencapai sehari-hari merupakan penghambat peningkatan prestasi belajar yang diharapkan sehingga peneliti memilih model yang lebih bersifat konstruktivitas. Setelah data dikumpulkan menggunakan tes prestasi belajar dan dianalisis deskriptif, diperoleh kenaikan prestasi belajar siswa dari data awal.Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awal baru mencapai rata-rata (64,60), pada siklus I meningkat rata-rata tersebut menjadi (72,80) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi (80,40) dengan ketuntasan belajar yang pada awalnya 64 % pada siklus I dan meningkat menjadi 92% pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diambil dari pelaksanaan yang telah dilakukan secara maksimal mengikuti teori- teori para ahli pendidikan adalah model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.