ENERAPAN STRATEGI TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Luh Carmawati

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan strategi tutor sebaya dalam proses pembelajaran. Permasalahan awal yang terjadi adalah belum maksimalnya proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa akibat penggunakan model yang terus menerus ditanyakan tanpa teori yang memadai. Setelah data dikumpulkan menggunakan alat berupa tes prestasi belajar kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Diperoleh data siswa dari rata-rata awal 60,47 naik menjadi 67,47 pada siklus I dan naik menjadi 80,63 pada siklus II. Hasil pada siklus II sudah sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian oleh karenanya penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan perolehan data tersebut dapat dipastikan bahwa penerapan strategi tutor sebaya dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.