BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJALIN RELASI PERTEMANAN
Abstract
Kemampuan menjalin relasi pertemanan merupakan aspek penting dalam perkembangan sosial remaja, yang berperan besar dalam pembentukan identitas, pengendalian emosi, dan keterampilan interpersonal. Namun, tidak semua siswa mampu membangun hubungan sosial yang sehat secara alami. Bimbingan pribadi-sosial hadir sebagai salah satu pendekatan strategis di lingkungan sekolah untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan tersebut. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran bimbingan pribadi-sosial dalam meningkatkan kemampuan siswa menjalin relasi pertemanan melalui berbagai strategi, pendekatan, dan dukungan dari lingkungan sekolah. Metode kajian dilakukan secara kualitatif-deskriptif dengan pendekatan studi literatur dan analisis praktik baik di sekolah. Hasil kajian menunjukkan bahwa layanan bimbingan pribadi-sosial efektif dalam membantu siswa memahami diri, membangun komunikasi yang sehat, serta mengembangkan rasa empati dan kepercayaan dalam hubungan sosial. Dukungan dari guru, teman sebaya, dan budaya sekolah yang inklusif juga menjadi faktor kunci keberhasilan. Artikel ini merekomendasikan penguatan program bimbingan, integrasi layanan dalam sistem sekolah, serta kampanye positif untuk menghapus stigma terhadap layanan BK.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.