LOKAKARYA YANG DITINDAKLANJUTI DENGAN SUPERVISI AKADEMIK DIUPAYAKAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU BERTINDAK SEBAGAI EVALUATOR, MOTIVATOR DAN FASILITATOR DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMPN 3 SIJUK PADA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sri Sukmi Putriaty

Abstract

Penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan guru bertindak sebagai evaluator, motivator dan fasilitator. Hasil tersebut jauh dibawah KKM yang diharapkan sehingga perlu dicanangkan peningkatan yang lebih baik melalui lokakarya yang ditindaklanjuti dengan supervisi akademik. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing- masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan, demikian pula halnya dengan Siklus II. Data digali dengan tes, hasil 69 (kualitatif C), pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 80 (kualitatif B) dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 91 (kualitatif A). Hal itu menandakan bahwa lokakarya yang ditindaklanjuti dengan supervisi akademik telah berhasil meningkatkan kemampuan guru bertindak sebagai evaluator, motivator dan fasilitator

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.