MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN METODE TANYA JAWAB DAN PRESENTASI

Nengah Sudiarta

Abstract

Dari pengamatan awal bahwa nilai peserta didik masih rendah yang disebabkan oleh faktor-faktor guru, baik faktor dari dalam maupun faktor dari luar, faktor-faktor murid, faktor ketersediaan sarana prasarana pendukung pembelajaran, faktor ekonomi siswa dll, diperoleh rata-rata awal baru mencapai nilai 71,43 dengan ketuntasan belajar 25,71% peneliti berupaya mengganti metode konvensional menjadi metode yang konstruktivis menggunakan metode Tanya jawab dan presentasi. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IXI SMP Negeri 3 Singaraja semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan masing-masing mulai perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setelah data dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis dengan analisis deskriptif, diperoleh peningkatan prestasi belajar pada siklus I menjadi 76,29 dengan ketuntasan belajar 62,85% dan pada siklus II sudah meningkat sesuai harapan yaitu rata-rata kelas yang dicapai 80 sudah melebihi KKM mata pelajaran IPS di sekolah ini dengan ketuntasan belajar 88,57% yang melebihi tuntutan indikator keberhasilan penelitian yaitu 85%. Kesimpulan yang bisa disampaikan adalah penggunaan metode tanya jawab dan presentasi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.