PENGGUNAAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V

I Gusti Ayu Sri Mas Megawati

Abstract

Berdasarkan refleksi awal hampir seluruh peserta didik menganggap bahwa proses belajar Bahasa Indonesia adalah proses mendengar, berbicara, membaca serta menulis dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sesuai dengan sumber belajar yang ditentukan. Pandangan inilah kemudian mendorong peserta didik untuk
menempatkan pelajaran Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Sehingga beberapa siswa di kelas Vsemester I SD Negeri 6 Peguyangan mengalami permasalahan pada nilai belajar
Bahasa Indonesia. Melihat data yang diperoleh rendahnya prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V semester I SD Negeri 6 Peguyangan yang baru mencapai rata-rata 55,53 menunjukkan bahwa peserta didik yang diteliti kemampuannya masih sangat rendah.Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan
prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas Vsemester I SD Negeri 6 Peguyanggan tahun pelajaran 2017/2018 setelah melalui usaha maksimal model Contextual Teaching And Learning. Setelah data
dikumpulkan menggunakan alat berupa tes prestasi belajar Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Pemerolehan hasil penelitian siswa dari rata-rata awal 55,53 naik menjadi 71,56 pada siklus I dan naik menjadi 81,33 pada siklus II. Hasil pada siklus II sudah sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian oleh karenanya penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan perolehan data tersebut dapat dipastikan bahwa
simpulan pada penelitian ini adalah dengan usaha maksimal model Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V semester I SD Negeri 6 Peguyangan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.