PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD No.1 CEMAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ni Wayan Nilawati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk meningkatkan hasil belajar PKn, tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Nomor 1 Cemagi pada semester I Tahun Ajaran 2018/2019, dengan subjek penelitian kelas IV dengan jumlah 20 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas, menggunakan dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi dan instrument pengumpulan data menggunakan format hasil belajar. Metode analisis data menggunakan cara sederhana dengan nilai hasil belajar PKn (skor perolehan/skor maksimal) x 100 dan untuk menarik kesimpulan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dilihat dari hasil evaluasi yang telah dilakukan terjadi peningkatan dari awal dengan nilai rata-rata 72, ketuntasan klasikal yang mendapat nilai kategori tinggi sebesar 35%, pada siklus I nilai rata-rata 75,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 86 dengan ketuntasan klasikal yang mendapat nilai kategori tinggi sebesar 85% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio-visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV Semnester 1 SD No. 1 Cemagi Tahun Pelajaran 2018/2019.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.