METODE ROLE PLAYING DENGAN DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU

I Gede Suarjana

Abstract

Rendahnya prestasi belajar peserta didik merupakan faktor pemicu dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang ditujukan untuk membenahi kelemahan-kelemahan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini mengambil subjek pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Singaraja pada semester Ganjil tahun ajaran 2017/2018 Data hasil penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes, dan untuk menganalisis data yang dihasilkan digunakan analisis desktiptif. Data yang peroleh dari hasil pelaksanaan penelitian ini terlihat jelas adanya peningkatan dari data awal yang ada rata-rata kelasnya baru mencapai 77,57 pada siklus I meningkat menjadi 79,34 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,71 Keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode Role Playing dengan Debat Aktif dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar sehingga penelitian ini tidak diteruskan ke siklus berikutnya. Data yang diperoleh telah membuktikan keberhasilan yang diperoleh sesuai indikator keberhasilan penelitian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.