PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU DI SMP NEGERI 1 GEROKGAK

Ni Luh Lotreni

Abstract

Sebagian besar siswa di kelas IX C SMP Negeri 1 Gerokgak belum mencapai tingkat ketuntasan belajar yang ditetapkan di sekolah ini yaitu 76. Dari kekurangan yang ada di lapangan tersebut, peneliti mengupayakan sebuah kajian ilmiah dengan melakukan penelitian tidnakan kelas. Tujuan penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Kooperatif STAD dalam pelaksanaan proses belajar mengajar
mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian yang dilakukan dalam dua siklus menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi pada setiap siklusnya memfokuskan pencairan datanya menggunakan tes prestasi belajar dan melaksanakan analisis dengan analisis deskriptif. Setelah dilakukan refleksi, terjadi peningkatan prestasi siswa dari rata-rata nilai 72,38 meningkat menjadi 75,47 rata-rata
kelasnya pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 80,26. Data tersebut menunjukkan keberhasilan pelaksanaan penelitian sesuai indikator yang dicanangkan. Akhirnya peneliti berkesimpulan bahwa penerapan metode Quided Teaching / model Pembelajaran Kooperatif STAD dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar mereka.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.