LATIHAN LEBIH GIAT MENGGUNAKAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 TUKADMUNGGA

I Putu Ariawan

Abstract

Prestasi belajar siswa ditunjukkan berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan belum berjalan secara maksimal. Oleh karena itu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa
diperlukan model pembelajaran dengan model dan strategi yang tepat. Salah satunya adalah model pembelajaran ekspositori dengan metode drill Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Lokasi penelitian ini di SD Negeri 2 Tukadmungga dengan jumlah siswa 21 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes prestasi belajar yang kemudian dilakukan analisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan berdasar tahapan: (1) menyusun rencana kegiatan, (2) melaksanakan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut hasil observasi awal pembelajaran siswa kurang aktif, mudah jenuh, dan perhatian siswa pada penjelasan guru sangat kecil sehingga nilai rata-rata siswa hanya sebesar 63. Setelah tindakan siklus I penguasaan materi pembelajaran meningkat menjadi rata-rata 69 dengan siswa tuntas 13 siswa dan belum tuntas 8 siswa. Hasil tindakan pada siklus II penguasan materi setelah diberikan tes prestasi belajar meningkat menjadi rata-rata 78 dengan 20 siswa tuntas dan 1 siswa belum tuntas. Presentase ketuntasan belajar pada siklus II ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan dan siklus dinyatakan tidak dilanjutkan, dengan kesimpulan bahwa pemanfaatan model pembelajaran ekspositori telah mampu dengan baik untuk dijadikan alternatif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.