IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN LATIHAN KETERAMPILAN (DILL METHOD) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SMP NEGERI 4 SERIRIT
Abstract
Penelitian yang dilakukan ini tergolong penelitian tindakan. Karena dilakukan di kelas maka penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mengambil 33 orang siswa yang sedang belajar di kelas VIII E pada semester I tahun ajaran 2013/2014 di SMP Negeri 4 Seririt. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Drill Method / model pembelajaran kooperatif Jigsaw mampu meningkatkan prestasi belajar siswa setelah dicobakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Setelah data dikumpulkan menggunakan tes prestasi belajar dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif, diperoleh kenaikan prestasi belajar siswa dari data awal 61,21 pada siklus I meningkat rata-rata tersebut menjadi 73,93 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,66 dengan ketuntasan belajar yang pada awalnya 9,39% meningkatkan menjadi 66,66% pada siklus I dan meningkat menjadi 84,84% pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diambil dari pelaksanaan yang telah dilakukan secara maksimal mengikuti teori-teori para ahli pendidikan adalah metode Drill
Method / model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.