OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN BERCAKAP-CAKAP DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD N 5 Sayan di Kelas I yang
kemampuan anaknya untuk materi matematika cukup rendah. Tujuan
penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui
apakah penggunaan metode bercakap-cakap/bercerita dalam
pembelajaran Tematik dapat meningkatkan prestasi belajar anak.
Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode
analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian
ini adalah penggunaan metode bercakap-cakap dan metode bercerita
dalam pembelajaran Tematik dapat meningkatkan prestasi belajar
anak. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya 57
setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 69 dan
pada siklus II meningkat lagi menjadi 75,2. Kesimpulan yang
diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan metode bercakapcakap/
bercerita dalam pembelajaran Tematik dapat meningkatkan
prestasi belajar anak kelas I SD N 5 Sayan.
Kata Kunci: Optimalisasi model pembelajaran, pembelajaran
bercakap-cakap, pembelajaran tematik dan prestasi belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.