IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

I Ketut Marhendra

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode
demonstrasi berbantuan media kartu bilangan dalam meningkatkan
hasil belajar matematika. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah
Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas II semester I yang bermasalah dengan hasil belajarnya sebanyak
10 orang dari 14 siswa di kelas tersebut nilai hasil belajarnya di bawah
KKM. Objek dalam penelitian ini adalah target pencapaian
peningkatan hasil belajar matematika, yang focus kajiannya
peningkatan rerata hasil belajar stiap siklus yang diperbandingkan
melalui implementasi metode demonstrasi. Hasil observasi pada
prasiklus rerata sekor hasil belajarnya 56.83. Temuan yang didapat,
sebanyak 35,71% siswa skor hasil belajarnya sekitar rerata, 35,71%
siswa di bawah rerata, dan 28,71% siswa di atas rerata. Bila
dibandingkan dengan (KKM 63.00) dari 14 siswa terdapat 10 siswa
memperoleh skor di bawah KKM dan 4 siswa di atas KKM. Rerata
hasil belajar dari 10 siswa pada siklus I : 61,34, dari hasil observasi
dan analisa data terdapat temuan 20,00% siswa memperoleh skor
sekitar rerata, 60,00% siswa di bawah rerata, dan 20,00% siswa di atas
rerata. Bila dibandingkan dengan (KKM 63.00), setelah diberi
perlakuan tindakan, sebanyak 4 siswa yang memperoleh skor di atas
KKM, dan 10 siswa memperoleh skor hasil belajar di bawah KKM.
Rerata hasil belajar siswa siklus II 78.15 dari hasil observasi dan
analisa data terdapat temuan sebanyak 10,00% siswa memperoleh
skor sekitar rerata, 0,00% siswa memperoleh skor di bawah rerata, dan
sebanyak 90,00% siswa memperoleh skor di atas rerata.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.