IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA

Ni Nyoman Kendri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
IPA siswa kelas VI di SD Negeri 1 Kerobokan Kaja Kecamatan Kuta
Utara, Kabupaten Badung tahun pelajaran 2015/2016 dengan
implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head
Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu
tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, danrefleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Kerobokan Kaja
Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung tahun pelajaran 2015/2016
sebanyak 16 orang. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes
esai. Data hasil belajar siswa yang terkumpul dianalisis secara
deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
implementasi strategi pembelajaran Model Kooperatif Tipe Numbered
Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa
kelas VI di SD Negeri 1 Kerobokan Kaja Kecamatan Kuta Utara,
Kabupaten Badung. Hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan
dari prasiklus ke siklus I yaitu 61% dengan kategori sangat rendah
meningkat menjadi 63,25% dengan kategori rendah. Kemudian dari
siklus I ke siklus II meningkat dari 63,25% dengan kategori rendah
meningkat menjadi 82,75% dengan kategori tinggi. Dengan demikian,
peningkatan hasil belajar mengalami peningkatan dari prasiklus ke
siklus I sebanyak 2,25% dan dari siklus I ke siklus II sebanyak
19,50%. Dengan demikian penelitian ini dikatakan berhasil karena
telah melampuai KKM yaitu 68 dan target yang ditetapkan peneliti
rentangan 65-79% dengan kategori cukup.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.