IMPLEMENTASI METODE TANYA JAWAB MULTI ARAH SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 TAKMUNG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian tindakan adalah untuk meningkatkan Hasil
belajar IPA siswa kelas VI semester I tahun pelajaran 2016/2017 SD
Negeri 1 Takmung.Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 23 subjek
penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan
perencanaan, pelaksanaan, observasi / pengamatan dan refleksi.Tes
Hasil belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan
data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis
deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan Hasil belajar siswa dari rata-rata awal 57,13 meningkat
menjadi 60,48 pada siklus I dan meningkat menjadi 71,17 pada siklus
II dengan ketuntasan belajar awal 39,13% pada siklus I meningkat
menjadi 69,57% dan pada siklus II meningkat menjadi 95,65%.
Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penggunaan
metode tanya jawab multi arah dalam pembelajaran dapat
meningkatkan Hasil belajar IPA siswa kelas VI semester I tahun
pelajaran 2016/2017 SD Negeri 1 Takmung.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.