EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK LATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII K DI SMP NEGERI 1 SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Kadek Novita Dewi

Abstract

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk mengetahui apakah teori konseling behavioral dengan teknik latihan asertif efektif dapat meningkatkan interaksi sosial pada siswa kelas VIII K di SMP N 1 Seririt tahun pelajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini digunakan 40 siswa kelas VIII K di SMP N 1 Seririt tahun pelajaran 2022/2023 sebagai subjek penelitian. Penelitian terfokus pada 10 siswa di kelas VIII K di SMP N 1 Seririt yang memiliki tingkat interaksi sosial yang dalam kategori rendah dan sangat rendah untuk selanjutnya diberikan tindakan berupa konseling behavioral menggunakan teknik latihan asertif. Dalam penelitian ini, peningkatan interaksi sosial pada siswa kelas VIII K di SMP N 1 Seririt merupakan objek penelitian. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang interaksi sosial siswa, metode pengumpulan datanya dibagi menjadi dua yaitu metode utama dan metode pelengkap. Metode utama berbentuk kuesioner dan metode pelengkapnya adalah observasi dan wawancara yang berfungsi sebagai perbandingan antara data kuesioner dengan data yang sesungguhnya. Hasil penelitian menunjukan teknik latihan assertif memiliki signifikasi terhadap interaksi sosial, ditandai pada perubahan awal presentase yaitu 75 % mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 87,5 % dan dilanjutkan ke siklus II lagi mengalami peningkatan menjadi 95 %. Artinya terjadi peningkatan pada interaksi sosial siswa setalah memperoleh teknik latihan assertif. Kesimpulan penelitian menunjukkan terdapat perbedaan tingkat interaksi sosial sebelum dan sesudah pelaksanaan latihan asertif. Hal ini berarti bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik latihan assertif efektif untuk meningkat interaksi sosial siswa kelas VIII K di SMP N 1 Seririt.

Kata Kunci : Interaksi sosial, Latihan Asertif

Full Text:

PDF

References

Andayani,N.,N.,S., A., Dharsana, I., K., Suranata, K., 2019. Konseling Behavioral dengan Tehnik Modeling dan Tehnik Latihan Keterampilan Sosial untuk Meningkatkan Self Change. JIBK Undiksha, V10 (N2): pp. 65-72, DOI:10.24036/XXXXXXXXXX-X

Andriansyah Bari, dkk. 2022. Teori Hirsrki Kebutuhan Maslow Terhadap Keputusan Pembelian Merek Gedget. Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia.

Corey, Gerald. 2020. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Revika

Fachrudin, M., 2017 Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Latihan Asertif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa Kelas VIII A MADRASAH TSANAWIYAH TERPADU MARDLATILLAH SINGARAJA.

Komalasari, Gantina dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks

M.Khairul Anwar. 2016. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Interaksi Sosial Pada Perawat di Rumah Sakit Islam Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Fakultas Psikologi.

Nisaa, Rofiā€™ud Darojatin. 2021. Pengaruh Konseling Behavioral Teknik Modeling Terhadap Need Of Deference Ditinjau dari Status Anak Dalam Keluarga. Surakarta: Counsenesia Indonesia Journal of Guidance and Counseling Vol. 2 No 1. Dapat di akses di: https: //garuda. kemdikbud. go.id/ documents /detail / 2216335

Nia Voniati. 2017. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Analisis Transaksional Dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Peserta Didik Tahun Ajaran 2016/2017. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Intitut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung 1438 H/2017 M.

Ratnadi,Y.,D.,K.,2020. Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Latihan Asertif Untuk Meningkatkan Self Afiliasi Pada Siswa. Universitas Pendidikan Ganesha: Fakultas Ilmu Pendidikan Singaraja.

Syafarudin, dkk. 2019. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Medan: Perdana Publishing.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.