MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES MENGGUNAKAN STRATEGI STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MELALUI VARIASI PERMAINAN

Nyoman Sukerena

Abstract

Pusat penelitian dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk
mengetahui terjadinya peningkatan prestasi belajar. Penelitian ini
dilakukan SD Negeri 3 Umejero, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten
Buleleng, Bali untuk menjawab permasalahan rendahnya prestasi
belajar yang sedang dialami siswa. Berdasarkan rumusan masalah,
maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari
penerapan model pembelajaran Students Team Achivement Divisions
(STAD) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini
dilakukan melalui proses pengkajian berdaur (PTK) yang meliputi
empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action),
observasi (observation), dan refleksi (reflection). Pengambilan data
dilakukan menggunakan tes prestasi belajar yang dianalisis secara
deskriptif. Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dari
pengkajian ini adalah penggunaan model pembelajaran Students Team
Achivement Divisions (STAD) telah dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran Penjasorkes. Bukti yang dapat
diajukan, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari data awal
sampai siklus II yaitu, data awal menunjukkan prestasi ketuntasan
belajar mencapai 50%, siklus I meningkat menjadi 62,50% siklus II
meningkat menjadi 91,67% Hal itu membuktikan bahwa model
pembelajaran Students Team Achivement Divisions (STAD) yang
diterapkan guru dalam proses pembelajaran telah mampu
meningkatkan prestasi belajar siswa dengan baik, serta metode
pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam
melaksanakan proses pembelajaran di kelas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.