UPAYA DAN PROBLEMATIKA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU

Kadek Yati Fitria Dewi

Abstract

Maraknya kasus kekerasan dan pelecehan seksual yang menimpa peserta didik di sekolah dengan tersangkanya adalah guru merupakan gambaran yang jelas betapa mirisnya dunia pendidikan di Indonesia. Guru yang seharusnya menjadi figur yang mengayomi dan membimbing telah bertransformasi menjadi sosok ‘iblis’ yang mengincar keselamatan para siswanya dan tak sedikit telah merenggut dan menghancurkan masa depan anak didik mereka. Banyak faktor yang menyebabkan para guru tersebut bertindak di luar kode etik profesinya, salah satunya adalah kurang pahamnya mereka tentang hakikat menjadi guru. Guru merupakan profesi yang memerlukan kompetensi yang meliputi kompetensi pedagogi, profesional, personal dan sosial. Apabila keempat kompetensi dasar guru tersebut dipahami dan diterapkan dengan baik oleh seorang guru, niscaya kasus-kasus kekerasan dan pelecehan seksual tidak akan pernah terjadi dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upayaupaya serta problematika yang dihadapi guru dalam mengembangkan kompetensi guru. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dengan 50 orang guru TK hingga sekolah menengah di Kabupaten Buleleng. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menambah pandangan dan pengetahuan seputar peningkatan kompetensi profesional, pedagogi, personal dan sosial guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.