MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SMP NEGERI 3 GEROKGAK

Ni Nyoman Sudarmini

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Perolehan data awal yang rendah pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Gerokgak pada semester tahun pelajaran 2014/2015 membuat peneliti mengupayakan membenahi proses yang kurang baik yang telah dilaksanakan. Perbaikan proses pembelajaran dilakukan melalui penerapan metode Snowball Throwing dengan model Problem Based Learning. Model ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Setelah data dikumpulkan melalui instrumen tes prestasi belajar, diperoleh peningkatan hasil belajar dengan data awal yang rata-rata kelasnya yaitu mencapai 59,03 Dengan prosentase ketuntasan belajar baru mencapai 9,38% pada siklus I meningkat menjadi 70,94 rata-rata kelas dan 19,35% untuk ketuntasan belajarnya. Sedangkan pada siklus II data tersebut telah meningkat menjadi 78,61 rata-rata kelasnya dan 90,63% ketuntasan belajarnya. Data pada Siklus II ini sudah menunjukkan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran yang melebihi indikator yang dipersyaratkan. Oleh karenanya peneliti berkesimpulan bahwa penerapan metode Snowball Throwing dengan model Problem Based Learning dalam melaksanakan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.