PELAKSANAAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN METODE INQUIRY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 GEROKGAK

Mudjijana Mudjijana

Abstract

Penyampaian mata pelajaran IPS selama ini disampaikan secara abstrak sehingga siswa belum dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan baik. Hal itu telah menyebabkan rendahnya prestasi belajar yang diperoleh siswa. Oleh karena itu diperlukan model/metode pembelajaran yang tepat untuk mengajarkannya agar mereka mudah dalam menerima pelajaran yang lebih cenderung bersifat abstrak ini. Penerapan cara belajar aktif melalui model pembelajaran direct instruction dengan metode inquiri diupayakan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas VIIIA semester II SMP Negeri 2 Gerokgak tahun pelajaran 2014/2015 yang dijadikan sebagai lokasi penelitian. Tujuannya, agar prestasi belajar yang dicapai siswa dapat ditingkatkan sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Belajar yang diharapkan. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan dilakukan tes prestasi belajar yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran direct instruction dengan metode inquiri bisa meningkatkan prestasi belajar siswa. ini dibuktikan dari hasil yang diperoleh pada data awal sampai siklus II yaitu, data awal menunjukkan prestasi ketuntasan belajar mencapai 32.35%, siklus I meningkat menjadi 50%, siklus II meningkat menjadi 82.35% Hal itu membuktikan bahwa model pembelajaran direct instruction dengan metode inquiri yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran telah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dengan baik, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS di sekolah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.