UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Rendahnya prestasi belajar peserta didik merupakan faktor pemicu dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang ditujukan untuk membenahi kelemahan-kelemahan proses pembelajaran Matematika yang telah dilakukan. Penelitian ini mengambil subjek pada siswa kelas IXA SMP Negeri 4 Gerokgak pada semester 2 tahun pelajaran 2014 / 2015. Data hasil penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes, dan untuk menganalisis data yang dihasilkan digunakan analisis deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan penelitian ini terlihat jelas adanya peningkatan dari data awal yang ada rata-rata kelasnya baru mencapai 59,56, pada siklus I meningkat menjadi 68,09 dan pada siklus II meningkat menjadi 75,00. Keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan metode Question Student Have (QSH) dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar sehingga penelitian ini tidak diteruskan ke siklus berikutnya. Data yang diperoleh telah membuktikan keberhasilan yang diperoleh sesuai indikator keberhasilan penelitian.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.