PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK CERAMAH BIMBINGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA SMK TRIATMAJAYA

I Nyoman Mudarya, Komang Sara Devi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat siswa setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik ceramah. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI AP1SMK Triatmajaya Tahun 2014/2015 menggunakan rancangan tindakan dengan memberikan konseling kelompok pada siswa yang menunjukan minat belajar yang rendah. Banyaknya siswa yang diberikan bimbingan kelompok adalah 11 orang. Proses bimbingan kelompok dipantau dengan pedoman observasi yang bekerjasama dengan Guru BK, sedangkan hasil bimbingan dievaluasi dengan kuesioner minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, siklus pertama diketahui minat belajar siswa meningkat yaitu dipencapaian minat belajar siswa dari 57,3% menjadi 68,7% dan peningkatannya adalah 19,7%. Sedangkan pada siklus II pencapaian minat belajar siswa adalah dari 68,7% menjadi 85,5% dan peningkatannya adalah 25,3%. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan minat belajar siswa melalui penerapan bimbingan kelompok dengan teknik ceramah bimbingan pada siswa kelas XI AP1 SMK Triatmajaya ada perubahan keterbukaan diri siswa yang lebih baik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.