PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM DENGAN DEMONSTRASI TERBIMBING GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA SMP NEGERI 1GEROKGAK

Ni Putu Sukasih

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gerokgak. Dengan subjek penelitian siswa kelas VIIA yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran seni budaya masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kuantum yang diperkuat dengan metode demonstrasi terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran kuantum yang diperkuat dengan metode demonstrasi terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya baru mencapai nilai rata-rata 68.63 pada siklus I meningkat rata-rata tersebut menjadi 72.53 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 77.80 dengan ketuntasan belajar yang pada awalnya 30% meningkat menjadi 57.5% pada siklus I dan meningkat menjadi 80% pada siklus II. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini model pembelajaran kuantum yang diperkuat dengan metode demonstrasi terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar seni budaya siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.