UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP DENGAN METODE DEBAT SISWA SMP NEGERI 1 GEROKGAK

Ni Luh Lotreni

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMP Negeri 1 Gerokgak yang tujuannya adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran yang telah dilakukan dengan cara konvensional ternyata menghasilkan kemampuan penyerapan ilmu yang rendah. hal ini terbukti dari nilai ketuntasan belajar siswa kelas IX D pada semester I tahun ajaran 2014/2015 baru mencapai 73,41. Ketidakberhasilan guru dalam mengajar merupakan faktor yang harus dirubah sehingga peneliti mencoba melakukan proses pembelajaran menggunakan metode Debat/model Coperatif tipe Co-Op Co-Op. Setiap kali selesai melakukan proses pembelajaran, data dikumpulkan dengan tes, lalu dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan prestasi belajar dari data sebelum pelaksanaan siklus. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sudah mencapai 76,79 dengan ketuntasan belajar 56,41% dan pada siklus II telah diperoleh kenaikan menjadi rata-rata 82,46 dengan ketuntasan belajar 84,61%. Kesimpulan akhir yang dapat disampaikan adalah bahwa penerapan metode Debat model Cooperatif tipe Co-Op Co-Op mampu meningkakan prestasi belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.