PELAKSANAAN TEORI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN METODE DEBAT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA SMA NEGERI 1 GEROKGAK

Made Ariatini

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini pada siswa kelas X1 di SMA Negeri 1 Gerokgak pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Solving dengan metode debat dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 34 subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dari rata-rata awal 69.88 meningkat menjadi 74.74 pada siklus I dan meningkat menjadi 80.79 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 58.82% pada siklus I meningkat menjadi 73.53% dan pada siklus II meningkat menjadi 88.24%. Simpulan yang dapat diambil dari hasil tersebut adalah penerapan model pembelajaran Problem Solving dengan metode debat dalam pelaksanaan proses pembelajaran para mampu meningkatkan prestasi belajar sesuai harapan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.