PENERAPAN PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING DENGAN METODE QUIZ TEAM GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA

Ketut Suartini

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 2 Seririt di kelas IXA pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS menggunakan pembelajaran mastery learning dengan quiz team. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes hasil belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai 60,96 dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 31,05%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat KKM mata pelajaran IPS di sekolah ini adalah 72. Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 66,68 dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 51,75% Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 74,34 dan persentase ketuntasan belajarnya sudah mencapai 86,25%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan. Simpulan yang diperoleh adalah pembelajaran mastery learning dengan quiz team dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.