PENERAPAN SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE LATIHAN KETERAMPILAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang ditujukan untuk membenahi kelemahan-kelemahan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini mengambil subjek pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Gerokgak pada semester I tahun ajaran 2013/2014. Data hasil penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes, dan untuk menganalisis data yang dihasilkan digunakan analisis desktiptif. Data yang peroleh dari hasil pelaksanaan penelitian ini terlihat jelas adanya peningkatan dari data awal yang ada rata-rata kelasnya baru mencapai 58.20, pada siklus I meningkat menjadi 69.70 dan pada siklus II meningkat menjadi 82.55. Keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan metode latihan keterampilan dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar sehingga penelitian ini tidak diteruskan ke siklus berikutnya.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.