PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA

I Gede Dana Sebetan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Seririt di Kelas IXD yang kemampuan siswanya dalam memahami materi mata pelajaran IPS masih tergolong rendah. Tujuan penulisan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran Mastery Learning dengan metode mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah tes hasil belajar. Sedangkan media gambar yang dipergunakan adalah metode deskriptif baik untuk data kualitatif maupun data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran Mastery Learning dengan metode mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya nilai rata-rata siswa 68.39 meningkat menjadi 72.39 pada siklus I dan meningkat menjadi 78.86 pada siklus II. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Mastery Learning dengan metode mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.