OPTIMALISASI PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PJOK SISWA KELAS V SD NEGERI 8 PEMECUTAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri 8 Pemecutan di Kelas V pada semester II tahun pelajaran 2019/2020 bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PJOK menggunakan pendekatan SAVI. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes prestasi belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai 65,76 dan ketuntasan belajarnya hanya mencapai 41%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat KKM mata pelajaran PJOK di sekolah ini adalah 74 Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 77,62 dan presentase ketuntasan belajar mencapai 68% Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 81,95 dan persentase ketuntasan belajarnya sudah mencapai 100%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan akibat penggunaan pendekatan pembelajaran yang sifatnya konstruktivis. Simpulan yang diperoleh adalah pendekatan SAVI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata kunci: Pendekatan SAVI , Prestasi Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.