PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM YANG DIPERKUAT DENGAN GUIDED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES SISWA KELAS XAKL A SMK NEGERI 1 SINGARAJA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ketut Adipa

Abstract

Penggunaan metode atau model-model pembelajaran baru sangat menentukan prestasi belajar siswa. Hal tersebut menyebabkan peneliti mengganti cara pembelajaran lama yang berhari-hari dilakukan secara monoton dan itu itu saja menjadi model pembelajaran yang mengikuti kemajuan zaman. Hal tersebut menuntun peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kuantum diperkuat dengan Guided Teaching mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini mengambil subjek penelitian pada kelas XAKLA pada semester I tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan tes prestasi belajar sebagai data hasil penelitian. Setelah semua proses dilalui diperoleh data dari hasil analisis yaitu pad awalnya ketuntasan belajar siswa baru mencapai 50%, pada siklus I meningkat menjadi 75% dan pada siklus II sudah mencapai 91,67%. Peningkatan prosentase yang diperoleh tesebut merupakan kerja keras peneliti dari membuat perencanaan yang baik, melaksanakan proses pembelajaran di kelas mengikuti teori-teori para ahli dan menyiapkan segala media pendukung untuk pencapaian peningkatan prestasi belajar. Setelah pelaksanaan dilakukan, dilanjutkan dengan observasi dan refleksi keberhasil tersebut menuntun peneliti membuat simpulan bahwa metode pembelajaran Kuantum diperkuat dengan Guided Teaching mampu meningkatkan prestasi belajar.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kuantum diperkuat dengan Guided Teaching, Hasil belajar, Penjasorkes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.