PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN QUESTION STUDENT HAVE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

Gede Sugarcita

Abstract

Pembukaan proses pembelajaran di kelas yang membuat prestasi belajar siswa rendah merupakan dasar pembuatan penelitian tindakan kelas ini. Penelitian ini dilakukan di kelas 9H di SMP Negeri 1 Gerokgak pada semester 2 tahun pelajaran 2013 / 2014. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah semua proses dilaksanakan yang dimulai dengan perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan diteruskan dengan observasi / pengumpulan data dan diakhiri dengan refleksi yaitu melakukan analisis, ternyata data yang diperoleh cukup menggembirakan. Nilai awal yang rata-rata awalnya masih rendah yaitu 65,4 dengan ketuntasan belajar baru mencapai 38,46% dan pada siklus I sudah meningkat menjadi 72,7 dengan ketuntasan belajar 61,54%. Dan pada siklus II meningkat menjadi 82,4 dengan ketuntasan belajar 84,62%. Data tersebut menunjukkan keberhasilan penelitian tindakan kelas ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa model Creative Problem Solving dengan Question Student Have mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 9H di SMP Negeri 1 Gerokgak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.