PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KUANTUM DENGAN MENGGUNAKAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IXF SMP NEGERI 2 SERIRIT
Abstract
Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran kuantum dengan menggunakan snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris Siswa. Penelitian ini mengambil 28 orang siswa kelas IXF pada semester II tahun pelajaran 2014/2015 di SMP Negeri 2 Seririt. Keyakinan yang muncul dari awal adalah bahwa penggunaan metode pembelajaran konvensional yang digunakan guru sehari-harimerupakan penghambat peningkatan hasil belajar yang diharapkan. Oleh karena itu, peneliti memilih metode yang lebih konstruktivis. Setelah data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif, diperoleh kenaikan hasil belajar siswa dari data awal rata-rata hanya mencapai 46.42 dengan persentase ketuntasan belajar 32%, di siklus I meningkat menjadi 68.57 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 67%, dan di siklus II meningkat menjadi 85.35 dengan ketuntasan belajar 85%. Hasil temuan di siklus I telah mencapai indicator kelulusan dari penelitian ini yaitu rata-rata minimal 75 dengan ketuntasan belajar minimal 80%. Oleh karena itu, penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Dari data yang dikumpulkan, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kuantum dengan menggunakan snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris Siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.