OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE QUIZ TEAM DALAM MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA

Gede Mahendra

Abstract

Sebagian besar siswa di kelas VIIIB SMP Negeri 2 Seririt belum mencapai tingkat ketuntasan belajar yang ditetapkan di sekolah ini yaitu 75. Dari kekurangan yang ada di lapangan tersebut, peneliti mengupayakan sebuah kajian ilmiah dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode quiz team dalam model pembelajaran kuantum. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian yang dilakukan dalam dua siklus menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi pada setiap siklusnya memfokuskan pencairan datanya menggunakan tes prestasi belajar dan melaksanakan analisis dengan analisis deskriptif. Setelah dilakukan refleksi, terjadi peningkatan prestasi siswa dari rata-rata nilai 68.86 meningkat menjadi 71.71 rata-rata kelasnya pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 78.21 Data tersebut menunjukkan keberhasilan pelaksanaan penelitian sesuai indikator yang dicanangkan. Akhirnya peneliti berkesimpulan bahwa penerapan metode quiz team dalam model pembelajaran kuantum dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar mereka.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.