UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA YANG DIUPAYAKAN MELALUI STRATEGI TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS XII BB1 SMA NEGERI 4 SINGARAJA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

I Gede Siram

Abstract

Tujuan melakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Seni Budaya siswa kelas XII BB1 pada semester Ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan terhadap 39 subjek penelitian. Cara yang dilakukan adalah menambah gaya pembelajaran lama yang konvensional menjadi cara pembelajaran baru yang bersifat penemuan menggunakan Strategi Tutor Sebaya. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk mengumpulkan data hasil penelitian digunakan tes prestasi belajar dan untuk menganalisis datanya digunakan analisis deskriptif. Dilihat dari hasil evaluasi yang telah dilakukan terjadi peningkatan dari data awal dengan rata-rata 74,36 ketuntasan belajar 53,85%, pada siklus I rata-ratanya meningkat menjadi 79,87 dengan ketuntasan belajar 76,92%, dan pada siklus II rata-rata meningkat lagi menjadi 86,03 dengan ketuntasan belajar 94,87%. Dengan demikian dapat disampaikan simpulan bahwa Strategi Tutor Sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

References

Arends, Richard. (2012). Learning to Teach. Tenth Edition. New York: McGrawHill Education

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdiknas. 2001. Buku 1 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.