PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DAN BISNIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-D AKL SEMESTER 2 SMK NEGERI 1 SINGARAJA KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ni Made Arini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Ekonomi dan Bisnis kelas X-D AKL di SMK Negeri 1 Singaraja Kabupaten Buleleng . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas X-D AKL yang berjumlah 35 siswa. Objek tindakan penelitian ini adalah Model pembelajaran kooperatif Think Pair shir (TPS).Objek Produk Penelitian ini adalah Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dan Bisnis .Data hasil belajar siswa diperoleh dengan menggukan kegiatan berupa: (a) observasi, (b) wawancara, (c) tes, dan(d) dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b)pelaksanaan tindakan, (c) observasi, dan (d) refleksi.Hasil Analisis yang diperoleh: (1) Siswa semakin aktif mengajukan pertanyaan atau ide selama kegiatan belajar mengajar berlangsung, (2) Peningkatan keaktifan siswa mengajukan pertanyaan atau ide selama proses pembelajaran dari 28 siswa pada siklus I sebesar 80,00% menjadi 30 siswa pada siklus II sebesar 85,71%, (3) Siswa yang aktif menjawab pertanyaan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan keaktifan siswa menjawab pertanyaan selama proses pembelajaran dari 26 siswa pada siklus I sebesar 74,28% menjadi 27 siswa pada siklus II sebesar 77,14%, (4) Siswa yang aktif dan berperan dalam kelompoknya pada saat diskusi. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan keaktifan siswa saat berdiskusi dalam kelompoknya dari 27 siswa pada siklus I sebesar 77,14% menjadi 29 siswa pada siklus II sebesar 82,83%, (5) Adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 26 siswa pada siklus I sebesar 74,28% menjadi 30 siswa pada siklus II sebesar 85,71%.

Full Text:

PDF

References

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

M. Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Ngalim Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBKMalang: UM Press

Rahayu Sri. 1998. Pembelajaran Kooperatif dalam Pendidikan IPA. Chimera

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Penerjemah: Nurulita. Bandung : Nusa Media.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryasubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutratinah Tirtonegoro. 2006. Anak Supernormal dan Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Refbacks

  • There are currently no refbacks.