IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISSTED INDIVIDUALIZATION DENGAN DISKUSI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (TAI) dengan diskusi interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Gerokgak di Kelas VIIIB semester I tahun ajaran 2012/2013. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini penggambaran secara lengkap dapat dijabarkan sebagai berikut: hasil rata-rata yang diperoleh pada awalnya 67.93 dengan prosentase ketuntasan 19.6%, pada siklus I meningkat menjadi 73.37 dengan prosentase ketuntasan 56.5% dan pada siklus II meningkat menjadi 79.02 dengan prosentase ketuntasan 87.0%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assissted Individualization (TAI) dengan diskusi interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.