MEMAKSIMALKAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JINGSAW SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASKES SISWA SMP NEGERI 1 SERIRIT
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa siswa kelas VIIA SMP.Negeri 1 Seririt Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng pada semester I tahun ajaran 2011/2012 mengalami kesulitan dalam mencapai kriteria ketuntasan minimal yang dipersyaratkan pada mata pelajaran Penjaskes. Hasil pengamatan yang dilakukan dari hasil tes kemampuan awal, rata-rata kelas baru mencapai 61,09. Hal ini tidak sesuai dengan standar ketuntasan belajar yang ditetapkan, sebesar 75. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar yang dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian setelah dilakukan tindakan diperoleh data nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Model Jingsaw mengalami peningkatan 9,04 point menjadi 70,13. Sedangkan nilai rata-rata di siklus II meningkat 6,53 point dengan rata-rata nilai siswa 76,66. Dari hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif model Jingsaw terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.