MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN TEHKNIK TUTOR SEBAYA

Komang Suryani

Abstract

Tujuan penelitian ini dirumuskan untuk mengetahui seberapa tinggi terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran inquiri dengan metoda tutor sebaya.Untuk mengetahui seberapa tinggi peningkatan prestasi belajar .Bahasa Indonesia siswa setelah diterapkan model pembelajaran Inquiri dengan tehknik tutor sebaya dalam pembelajaran. sumber belajar tidak harus selalu guru. Sumber belajar dapat orang lain yang bukan guru, melainkan teman dari kelas yang lebih tinggi, teman sekelas, atau keluarganya di rumah. Sumber belajar bukan dan berasal dari orang yang lebih pandai disebut tutor. Ada dua macam tutor, yaitu tutor sebaya dan tutor kakak. Tutor sebaya adalah teman sebaya yang lebih pandai, dan tutor kakak adalah tutor dari kelas yang lebih tinggi.Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus dari refleksi dapat disampaikan bahwa pencapaian tujuan penelitian di atas dapat dibuktikan dengan argumentasi: Dari data awal ada 11 siswa mendapat nilai di bawah KKM dan pada siklus I menurun menjadi 9 siswa dan siklus II hanya 15. siswa mendapat nilai di bawah KKM.Nilai rata-rata awal 64 naik menjadi 66 pada siklus I dan pada siklus II naik menjadi 69 Dari data awal siswa yang tuntas hanya 6 orang sedangkan pada siklus I menjadi lebih banyak yaitu 8 siswa dan pada siklus II menjadi cukup banyak yaitu 15 siswa.Paparan di atas membuktikan bahwa model PembelajaranInquiri dengan Tehknik Totur Sebaya dapat memberi jawaban sesuai tujuan penelitian ini. Semua ini dapat dicapai karena modelInquiri dengan Tehknik Totur Sebaya sangat efektif diterapkan dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa aktif, antusias dan dapat memahami materi yang diajarkan sehingga prestasi belajar siswa menjadi meningkat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.