APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PENDEKATAN DRILL DAN BERMAIN MELATIH KOMPETENSI GERAK DASAR LANJUTAN
Abstract
Penggunaan metode atau model-model pembelajaran baru sangat menentukan prestasi belajar siswa. Hal tersebut menyebabkan peneliti mengganti cara pembelajaran lama yang berhari-hari dilakukan secara monoton dan itu itu saja menjadi model pembelajaran yang mengikuti kemajuan zaman. Hal tersebut menuntun peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Contekstual Teaching and Learning dengan pendekatan Drill dan bermain mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini mengambil subjek penelitian pada kelas VI di SD Negeri 1 Batununggul pada semester I untuk mata pelajaran Penjasoskes. Penelitian ini menggunakan tes prestasi belajar sebagai data hasil penelitian. Setelah semua proses dilalui diperoleh data dari hasil analisis yaitu pada awalnya ketuntasan belajar siswa baru mencapai 48,15%, pada siklus I meningkat menjadi 70,37% dan pada siklus II sudah mencapai 96,30%. Peningkatan prosentase yang diperoleh tesebut merupakan kerja keras peneliti dari membuat perencanaan yang baik, melaksanakan proses pembelajaran di kelas mengikuti teori-teori para ahli dan menyiapkan segala media pendukung untuk pencapaian peningkatan prestasi belajar. Setelah pelaksanaan dilakukan, dilanjutkan dengan observasi dan refleksi keberhasilan tersebut menuntun peneliti membuat simpulan bahwa model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning dengan pendekatan Drill dan bermain mampu meningkatkan prestasi belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.